KIBATA SERUI
Halaman Utama Tentang kami Tutorial Serba-serbi Koleksi gambar Hubungi kami



 


Google Translate/ Web ini bisa diterjemahkan melalui bahasa di bawah ini :



halaman : S E J A R A H
 

(Menyonsong HUT RI ke 67)
PERISTIWA MERAH PUTIH DI BIAK


Rabu, 08 Agustus 2012, 09:02:07

merah putih

Berita Proklamasi kemerdekaan Indonesia sekalipun terlambat sampai juga di Papua. Rakyat Papua yang ada diberbagai kota, seperti Jayapura, Sorong, Serui, Merauke, Manokwari dan Biak memberikan sambutan yang hangat dan mendukung Proklamsi Kemerdekaan Indonesia.
Para pemuda di berbagai kota mengadakan rapat umum mendunkung kemerdekaan. Sekutu bersama NICA berusaha melarang kegaiatn politik dan pengibaran bendera Merah Putih, namun para pemuda Papua tidak menhiraukan.

Dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 14 Maret 1948 terjadi peristiwa Merah Putih di Biak. Peristiwa ini diawali dengan adanya penyerangan tangsi militer Belanda di Soroako dan Biak. Selanjutnya, para pemuda Biak yang dipimpin oleh Joseph berusaha mengibarkan bendera merah putih di seluruh Biak.

Usaha ini mendapat perlawanan dari Belanda. Namun pihak Belanda tidak dapat membendung serangan dari pemuda Biak sehingga meminta bantuan pasukan dari Jayapura. Dengan bantuan pasukan yang begitu banyak dengan peralatan senjata yang lengkap akhirnya para pemuda Biak yang tidak memiliki peralatan memadai terdesak sehingga perjuangan mengalami kegagalan. Beberapa pemimpin perlawanann berhasil ditangkap dan dijatuhi hukuman mati.

Peristiwa Pengibaran merah putih 14 Maret 1948 di seluruh kota Biak ini masih membekas dikalbu masyarakat Biak sampai saat ini terutama mereka yang pernah terlibat langsung pada peristiwa tersebut.

 

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke web ini.

 
 

Artikel terkait :



Dalam kotak komentar ini kami mohon fokus terhadap artikel diatas dengan menggunakan bahasa yang santun..... Isilah nama atau inisial anda di kotak "Name" kemudian isi komentar anda di kotak "enter your comment here" seteleh itu klik tombol "commet". Apabila telah terjadi penyalahgunaan kotak komentar ini seperti menyebut nama seseorang atau nomor hp seseorang dengan tujuan negatif mohon informasikan kepada admin melalui halaman "Hubungi Kami" dengan menyebut halaman dan judul artikelnya kami akan mengadakan refisi terhadap kotak komentar tersebut. Terima kasih.........
HTML Comment Box is loading comments...
 
PENJELASAN : Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya dangan mengunjungi WWW.KIBATA.COM. Sebelumnya kami meberitahukan bahwa sebagian artikel adalah asli hasil karya Kibata.Com, namun patut diakui bahwa sebagian lagi artikel-artikel yang ada, bukan milik Kibata.Com. Kami tidak mengklaim memiliki hak cipta. Sebagian besar artikel dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk Website yang bisa diakses oleh public, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain public. Apabila terjadi keberatan dari sumber atau pihak-pihak lainnya, mengenai gambar, artikel dan berita apapun yang dimuat oleh Kibata.Com, berkenaan dengan HaKi, Mengandung Unsur SARA, Kebohongan Publik dan lain hal yang dapat mengganggu kenyamanan atau merugikan orang lain. Tanpa mengurangi rasa hormat, anda dapat membuka halaman Hubungi Kami dan memberitahukan kepada kami hal-hal yang tidak berkanaan tersebut. Setelah kami memverifikasi keberatan tersebut, kami akan mengambil tindakan merefisi atau bahkan menghapus artikel tersebut.



Kembali ke atas
 

Copyright (c) 2011. www.kibata.com. All Right Reserved.
Powered by LPK Diwi Com. Serui - Papua