KIBATA SERUI
Halaman Utama Tentang kami Tutorial Serba-serbi Koleksi gambar Hubungi kami



 


Google Translate/ Web ini bisa diterjemahkan melalui bahasa di bawah ini :



halaman : TIPS DAN TRIK
 

BELAJAR DARI KESALAHAN

belajar dari kesalahanTidak ada orang yang suka berbuat kesalahan. Namun jika anda ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi anda untuk tidak melakukan kesalahan. Jika anda dapat belajar dari kesalahan dengan tepat, maka anda akan mendapatkan bahan bakar baru untuk maju kedepan.
Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.

1. Minta Maaf dengan Tulus dan Sungguh-sungguh

Jika anda telah melakukan kesalahan yang menyakiti/membahayakan orang lain, sangat penting bagi anda untuk segera meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Pastikan bahwa itu adalah betul-betul suatu kecelakaan yang tidak akan terulang. Permintaan maaf yang baik akan mengembalikan tingkat kepercayaan orang tersebut pada anda.
Sebaliknya, jika anda tidak meminta maaf, maka kemungkinan besar orang tersebut akan menyerang anda.
Akan sangat efektif jika anda meminta maaf secara pribadi dibandingkan lewat surat atau email. Namun, begitu anda telah mendapatkan maaf, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi, karena itu adalah suatu kekonyolan dan sangat menjengkelkan. Segera perbaiki tindakan-tindakan anda.

2. Jangan Menjadi Seorang Yang ’Perfectionist’

Jika anda menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka anda akan menghabiskan hidup anda dengan tidak melakukan apa-apa. Bukan masalah jika anda melakukan kesalahan, karena sekali lagi itu adalah bagian penting dari hidup agar anda terus maju. Semakin banyak tanggung jawab yang anda pikul, kemungkinan anda melakukan kesalahan pun semakin sering.
Jika anda selalu ingin merasa semuanya sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesalahan sekecil apapun, hal itu lama kelamaan akan membentengi diri anda secara psikologi dan anda menjadi tidak berani dalam mengambil resiko.

3. Jangan Membuang Waktu Dengan Mencari Pembenaran

Kita manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan orang lain.
”Ya, saya telah menabrak mobil di depan saya, tapi itu adalah karena teman saya yang selalu mengajak saya bergosip sehingga konsentrasi saya terpecah…”
”Saya tidak dapat menyelesaikan tugas sesuai jadwal karena komputer saya mengalami gangguan …”
Perlu anda ketahui, ketika kesalahan telah dibuat, atasan anda sama sekali tidak tertarik dengan pembenaran-pembenaran yang anda buat. Kita mencari pembenaran karena ego kita yang tinggi. Kadang-kadang, hal terbaik yang perlu diucapkan, sangat sederhana : ”Ya, saya telah melakukan kesalahan.”

4. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi

Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam kesalahan. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, anda harus memahami akar permasalahannya.
Sebagai contoh, anda seringkali berbicara dengan nada cepat dan marah; sering anda mengeluarkan kata-kata yang kurang baik. Anda harus mencari tahu apa yang menyebabkan anda marah pada saat itu. Mungkin anda merasa sangat lelah atau kepala anda sedang sakit. Jika anda melakukan kesalahan karena anda begitu lelahnya, cobalah untuk tidak tidur sampai larut malam. Jika anda merasa stress, carilah jalan untuk membuat anda relax.

5. Hindari Mengulang Kesalahan Yang Sama

Anda harus menghindari perasaan bersalah yang terus menerus karena telah berbuat kesalahan, namun pada saat yang sama, anda harus mencari jalan pemecahan dan melakukan tindakan perbaikan. Jika anda mengulang kesalahan yang sama, hal tersebut menunjukkan bahwa anda tidak mengalami suatu kemajuan dan menyebabkan kerugian/penderitaan yang berulang.

Seringkali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, anda harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha ekstra untuk merubah kebiasaan. Bagaimanapun, semakin cepat anda bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, semakin cepat anda menghindari melakukan kesalahan yang sama.

6. Kesalahan Adalah Kesempatan Untuk Belajar

Dari kesalahan-kesalahan yang telah anda buat, tentu saja anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan-kesalahan, dalam hubungannya dengan keberanian mengambil resiko, merupakan sesuatu yang krusial untuk kesuksesan anda. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik.

Sumber : www.Kaskus.us

 

Perhatian ! Boleh Copy paste, tapi kalau anda tidak keberatan mohon cantumkan sumber dengan linkback ke web ini.

 
 

Artikel terkait :



Dalam kotak komentar ini kami mohon fokus terhadap artikel diatas dengan menggunakan bahasa yang santun..... Isilah nama atau inisial anda di kotak "Name" kemudian isi komentar anda di kotak "enter your comment here" seteleh itu klik tombol "commet". Apabila telah terjadi penyalahgunaan kotak komentar ini seperti menyebut nama seseorang atau nomor hp seseorang dengan tujuan negatif mohon informasikan kepada admin melalui halaman "Hubungi Kami" dengan menyebut halaman dan judul artikelnya kami akan mengadakan refisi terhadap kotak komentar tersebut. Terima kasih.........
HTML Comment Box is loading comments...
 
PENJELASAN : Kami mengucapkan terima kasih atas dukungannya dangan mengunjungi WWW.KIBATA.COM. Sebelumnya kami meberitahukan bahwa sebagian artikel adalah asli hasil karya Kibata.Com, namun patut diakui bahwa sebagian lagi artikel-artikel yang ada, bukan milik Kibata.Com. Kami tidak mengklaim memiliki hak cipta. Sebagian besar artikel dikumpulkan dari berbagai sumber termasuk Website yang bisa diakses oleh public, mengingat sumber-sumber tersebut berada dalam domain public. Apabila terjadi keberatan dari sumber atau pihak-pihak lainnya, mengenai gambar, artikel dan berita apapun yang dimuat oleh Kibata.Com, berkenaan dengan HaKi, Mengandung Unsur SARA, Kebohongan Publik dan lain hal yang dapat mengganggu kenyamanan atau merugikan orang lain. Tanpa mengurangi rasa hormat, anda dapat membuka halaman Hubungi Kami dan memberitahukan kepada kami hal-hal yang tidak berkanaan tersebut. Setelah kami memverifikasi keberatan tersebut, kami akan mengambil tindakan merefisi atau bahkan menghapus artikel tersebut.



Kembali ke atas
 

Copyright (c) 2011. www.kibata.com. All Right Reserved.
Powered by LPK Diwi Com. Serui - Papua